JAMTANI atau Jaringan Masyarakat Tani Indonesia merupakan sebuah organisasi Masyarakat yang sangat akrab dan berpengalaman dengan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (terutama di bidang Pertanian) seperti : Melakukan pelatihan dan mengembangkan Sains petani sebagai basis pendidikan melalui pola analisis praktis, Sekolah Lapang Iklim, Sekolah Lapang Pertanian Organik, Pembelajaran Petani dalam melakukan budidaya ramah lingkungan, Merumuskan ide-ide baru dalam bidang Pertanian, serta Berbagi pengalaman  kepada Mitra LSM, Pemerintah dan pihak lainnya.

JAMTANI melakukan kerjasama dengan UNPAD (Universitas Padjadjaran).  Tujuan kerjasama tersebut diantaranya mendukung, mensupervisi  dalam  memperkuat Design penelitian yang akan dilakukan bersama petani, Analisis dan membantu publikasi ilmiah sebagai bagian dari advokasi kepada Pemerintah, Lembaga penelitian, Universitas dan stakeholder lainnya.

Pembahasan mengenai rencana kerjasama tersebut dilakukan pada Jum’at tanggal 26 April 2019 di Ruang Serbaguna Departemen Budidaya Pertanian Universitas Padjadjaran, Jatinangor yang dihadiri oleh Project Manager LHP JAMTANI (Kustiwa S. Adinata) beserta beserta beberapa perwakilan JAMTANI dan perwakilan UNPAD yaitu Prof.Dr.Ir. Tualar Simarmata, MS., Dr.Ir. Neni Rostini, MS. , Dr.Ir. Mieke Rochimi Setiawati, MP. dan M. Khais Prayoga, SP, MP. mewakili UNPAD memaparkan beberapa dukungan yang akan diberikan UNPAD kepada JAMTANI diantaranya Pendampingan Riset Petani Peneliti baik On farm maupun Off farm, Publikasi ilmiah, tidak menutup kemungkinan untuk adanya Pelibatan mahasiswa S1-S3 dan mendukung Farmer goes to campus, selain itu UNPAD juga akan memfasilitasi Peningkatan Kapasitas Petani dalam berbagai bidang ilmu, Showroom Inovasi teknologi dan hasil riset serta agribisnis.

Prof.Dr.Ir. Tualar Simarmata, MS. Memberikan banyak masukan mengenai Inovasi Teknologi dibidang pemasaran komoditas pertanian yang perlu diarahkan : “Market dikembangkan dengan Pendekatan Image Branding dan Digital Marketing” artinya mengembangkan  produk  olahan (agroinsdutri) untuk  meningkatkan  nilai tambah  (added  value)  dan mengembangkan inovasi pemasaran (marketing) dan pencitraan product (branding and image).